Fakta Mengenai Keputihan Yang Harus Diketahui

Selain dengan obat-obatan dari dokter, keputihan bisa diobati dengan beberapa jenis obat tradisional keputihan. Selain tidak kalah efektif dalam mengatasi keputihan, obat tradisional ini juga lebih mudah diperoleh. Mari simak apa saja obat tradisional keputihan tersebut.

Keputihan adalah kondisi di mana terjadi keluarnya cairan dari vagina. Keputihan bisa bersifat normal atau tidak normal. Keputihan yang normal dan tidak normal ini memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Keputihan yang normal membantu menjaga vagina tetap sehat, melindungi vagina dari bakteri, jamur, dan parasit penyebab infeksi, serta sebagai pelumas alami vagina. Tekstur keputihan normal bervariasi, bisa mirip cairan lendir yang lengket, bisa juga bening dan berair, tergantung pada tahap siklus menstruasi.

Ketahui Fakta tentang Obat Tradisional Keputihan
Sedangkan keputihan yang tidak normal umumnya berbau tidak sedap, berwarna, jumlahnya banyak, dan bisa disertai keluhan lain, seperti gatal atau nyeri pada vagina. Keputihan seperti ini tidak boleh didiamkan dan perlu segera diatasi, baik dengan obat medis maupun obat tradisional keputihan.

Macam-Macam Obat Tradisional Keputihan
Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh infeksi jamur; infeksi bakteri, seperti vaginosis bakterialis, gonore, dan chlamydia; atau infeksi parasit, seperti trikomoniasis.

Untuk mengatasi keputihan yang tidak normal ini, Anda bisa mencoba menggunakan obat-obatan tradisional. Berikut ini adalah beberapa jenis obat tradisional keputihan yang sering digunakan:

Kunyit
Kunyit dikenal sebagai bahan pelengkap atau bumbu makanan yang memiliki cita rasa dan warna yang khas. Selain sebagai bumbu dapur, ternyata kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan yang membandel. Kunyit bisa dikonsumsi sebagai minuman jamu atau dioles pada vagina yang mengalami keputihan.

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa senyawa kurkumin pada kunyit bisa membunuh dan menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi vagina. Meski begitu, efektivitas kunyit untuk mengatasi keputihan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Daun sirih
Sirih merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia dan sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat tradisional keputihan. Daun sirih banyak dikonsumsi dengan cara direbus untuk diminum airnya, atau ditumbuk dan dibalurkan ke area kewanitaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih memang memiliki efek antibakteri dan antijamur. Akan tetapi, manfaat daun sirih sebagai obat tradisional keputihan masih belum banyak diteliti, serta belum diketahui secara pasti efektivitas dan keamanannya.

Yogurt
Yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung probiotik (bakteri baik). Bakteri ini diketahui bisa membantu tubuh melawan infeksi jamur dan bakteri di area vagina.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan probiotik pada yogurt mampu mengatasi infeksi jamur dan bakteri penyebab infeksi pada vagina. Penggunaan yogurt sebagai obat keputihan bahkan dikatakan aman untuk ibu hamil dan wanita yang telah memasuki masa menopause.

Meski begitu, efektivitas yogurt sebagai obat tradisional keputihan juga masih perlu dikaji lebih dalam. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya sebagai obat keputihan tradisional, yogurt bisa digunakan dengan cara dioleskan pada vagina. Disarankan untuk memilih yogurt murni tanpa kandungan gula, sebab gula bisa memicu pertumbuhan jamur dan bakteri.

Manjakani

Merupakan buah manjakani yang berasal dari aceh. Buah ini sejak dulu memang terkenal akan khasiatnya yang biasanya disebut pil perapet. begitpun denganproduk manjakani sr12 yang memiliki manfaat dapat membantu mengatasi masalah keputihan pada wanita

Selain dengan obat-obatan dari dokter, keputihan bisa diobati dengan beberapa jenis obat tradisional keputihan. Selain tidak kalah efektif dalam mengatasi keputihan, obat tradisional ini juga lebih mudah diperoleh. Mari simak apa saja obat tradisional keputihan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.